SERING diantara kita, enggan beramal sholeh karena beralasan tidak ada biaya atau uang. Padahal tidak semua amal sholeh itu harus mengeluarkan biaya. Banyak amal sholeh tanpa biaya yang bisa mengantarkan kita menuju kebahagiaan dunia dan akhirat.

Pertama :
Tahajjud.  Karena kemuliaan seorang mukmin terletak pada tahajjudnya.
Pastinya doa mudah termakbul dan menjadikan kita semakin dekat dengan Allah Swt.
Tahajjud adalah sholat sunah yang dilakukan tengah malam setelah kita tertidur walau sebentar. Minimal bisa kita lakukan dua rekaat, empat rekaat, dan  seterusnya.
Untuk menyempurnakan sholat tahajud kita tutup dengan sholat witir.

Kedua :
Membaca Al-Qur’an sebelum terbit matahari. Alangkah baiknya sebelum mata melihat dunia, sebaiknya mata membaca Al-Qur’an terlebih dahulu dengan penuh pemahaman.
Jika bisa istiqomah setelah Shalat Subuh bisa ditambah dengan waktu-waktu lain, misal setiap setelah shalat wajib, atau mungkin siang hari atau malam hari setelah Magrib.
Paling tidak, sesibuk apapun kita, bacalah Al-Qur’an walau beberapa ayat.

Ketiga :
Jangan tinggalkan masjid terutama di waktu subuh. Sebelum melangkah kemana pun langkahkan kaki ke mesjid, karena masjid merupakan pusat keberkahan. Kita ke masjid bukan karena panggilan muadzin tetapi panggilan Allah yang mencari orang beriman untuk memakmurkan masjid Allah.
Tentu tidak hanya saat shalat subuh saja kita ke masjid, namun juga setiap saat shalat wajib lainnya. Tidak sedikit diantara kita, kaki sangat ringan ketika berjalan sampai ke puncak gunung, dasar lembah, tempat hiburan malam, namun sangat berat ke masjid yang bisa jadi jaraknya hanya 20 meter, karena masjid berada di depan, atau di samping rumah kita.

Keempat :
Jaga shalat dhuha, karena kunci rezeki terletak pada sholat dhuha.
Yakinlah, manfaat shalat dhuha sangat dasyat dalam mendatangkan rezeki.
Shalat Dhuha juga sebagai bukti wujud syukur kita kepada Allah. Karena sebetulnya, tanpa kita minta setiap detik, setiap jam, setiap saat, Allah sudah memberikan beribu ribu kenikmatan kepada kita semua.

Kelima:
Jaga sedekah setiap hari. Allah menyukai orang yang suka bersedekah, dan malaikat Allah selalu mendoakan kepada orang yang bersedekah setiap hari.
Percayalah, sedekah yang diberikan akan dibalas oleh Allah dengan berlipat-ganda. Jika punya harta, kita bisa sedekah dengan harta benda, kalaupun saat itu tidak ada, bisa sedekah dengan tenaga, pikiran, bahkan juga bisa dengan senyuman kepada orang orang yang kita jumpai.

Keenam:
Jaga wudlu. Usahakan  kita jaga whudlu kita  terus menerus karena Allah menyayangi hamba yang berwudlu. Kata khalifah Ali bin Abu Thalib, “Orang yang selalu berwudhu senantiasa ia akan merasa selalu sholat walau ia sedang tidak sholat, dan dijaga oleh malaikat dengan dua doa, “ampuni dosanya dan sayangilah dia … Yaa Allah”.

Ketujuh:
Amalkan istighfar setiap saat. Dengan istighfar masalah yang terjadi karena dosa kita akan dijauhkan oleh Allah Swt. istighfar di lisan juga dihati. Tanpa kita sadari, setiap saat kita berbuat salah dan dosa. Istighfar adalah ikhtiar kita memohon ampun kepada Allah.  Jika kita berbuat salah kepada orang lain, sesama manusia, kita juga tidak malu untuk segera meminta maaf.

Kedelapan:
Rajin membaca shalawat. Membaca sholawat adalah sebuah doa kita kepada nabi Muhammad dan sekaligus bukti kalau kita adalah cinta kepada Rasulullah Muhammad, yang kelak akan memberi  syafaat kepada manusia di akherat. Bersholawat tidak hanya saat di rumah, namun juga di perjalanan, di kantor, di tempat kerja, di kios, dan lain lain.

Kesembilan:
Bisa saling mengingatkan, memberi nasihat kepada sesama manusia atas perkara yang haq dan juga kesabaran. Sebagaimana peringatan Allah dalam surat Al Asr.  Demi massa (waktu), sesungguhnya manusia benar benar dalam kerugian, kecuali orang orang yang senantiasa beriman dan beramal sholeh, saling mengingatkan atau memberi nasehat atas perkara yang haq, dan kesabaran.
Wallahu A’lam Bishowab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here