KOTA Semarang memiliki satu ikon baru, yakni Taman Indonesia Kaya. Setelah sekitar 11 bulan dikerjakan, sebuah taman di depan SMAN 1 Semarang, yang dulu bernama  Taman Keluarga Berencana (KB), pada Rabu 10 Oktober 2018 resmi berganti nama menjadi Taman Indonesia Kaya. Taman itu diresmikan oleh Walikota Semarang Hendrar Prihadi.

Pembangunannya taman itu digelontor biaya Rp 3,8 miliar, dan sudah tentu  wajah tmana berubah total dari sebelumnya.

Taman yang berada di belakang kantor Gubernur Jateng, persisnya  di Jl  Menteri Soepeno itu memilik fasilitas yang wow dan  kini menjadi taman yang termewah di kota Semarang. Letaknya yang berada di tengah kota, dekat dengan Simpang Lima, memudah masyarakat untuk datang ke tempat itu.

Adapun fsilitas taman itu antara lain panggung budaya yang bisa ditonton dari dua sisi dan mampu menampung sekitar 1.000 penonton. Sebanyak 800 orang dari arah kantor gubernur, sebanyak 200 dari arah SMAN 1 Semarang.

Taman Indonesia Kaya juga terdapat Taman Pandawa Lima yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk berswafoto. Di taman yang dibangun di lahan seluas 5.000 m2 itu juga terdapat Amphitheater, area hijau, Gerbang Mural karya seniman muda Kota Semarang, serta air mancur menari atau dancing fountain yang bergerak selaras alunan musik klasik dan lagu-lagu perjuangan Indonesia yang dijadwalkan menyala setiap hari pada pukul 19.00-20.00 WIB.

 Amphitheater di Taman Indonesia Kaya itu berkapasitas 1.000 pengunjung. Bangunan yang dibangun Bakti Budaya Djarum Foundation itu dilengkapi fasilitas cukup mewah, seperti ruang ganti penampil, toilet umum, dan toilet bagi penyandang cacat atau disabilitas.

 “Bekerja sama dengan Pemerintah Kota Semarang, pembangunan Taman Indonesia Kaya merupakan wujud komitmen kami dalam memperkenalkan kebudayaan Indonesia. Kami berharap adanya Taman Indonesia Kaya di Semarang bisa menumbuhkan lebih banyak seniman di Jateng dan sekitarnya,” kata Presiden Director Djarum Foundation, Victor Rachmat, saat acara peresmian Taman Indonesia Kaya.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi bersama Wakil Walikota Mbak Ita yang hadir saat peresmian merasa senang dengan keberadaan Taman Indonesia Kaya itu. Ia pun berharap Taman Indonesia Kaya mampu menjadi rumah bagi seniman Jateng dan digunakan untuk berbagai macam kegiatan serta pertunjukan seni.

 “Kami berharap dengan hadirnya Taman Indonesia Kaya, para komunitas seni maupun pekerja seni yang ada di Jateng akan lebih terinspirasi dan terdorong menciptakan karya-karya baru, sehingga Jateng bisa lebih dikenal dan mampu bersaing di dunia seni pertunjukan Indonesia,” ujar Hendrar Prihadi.

 Pembangunan Taman Indonesia Kaya ini dikerjakan PT Idealand Cipta Hijau selama 11 bulan. Di taman ini nantinya akan digelar berbagai program kesenian dan juga workshop secara rutin.

Program ini akan menggandeng komunitas seni yang ada di Semarang dan juga masyarakat bisa mengikutinya tanpa dipungut biaya sepeser pun. Panggung Budaya juga dapat digunakan untuk kegiatan seni dan budaya tanpa biaya alias gratis.

Dalam sambutannya, Wali Kota setempat yang akrab disapa Hendi mengatakan, bisa berdirinya ikon baru Kota Lunpia ini prosesnya tak semudah membalikkan tangan. Meski singkat atau tak sampai setahun pembangunannya sejak 1 November 2017 lalu, pelaksanaan proyek Taman Indonesia Kaya ini sempat tarik ulur.

“Diinisiasi oleh Pemkot, pemugaran taman yang dulunya dikenal sebagai Taman KB (Keluarga Berencana) ini pernah hilang di tahun 2014-2015. Tapi, setahun berikutnya, saya dan Bu Ita (Hevearita) bertemu dengan Pak Viktor di Jakarta dan komunikasi terajut kembali. Dan dengan prinsip Bandung Bondowoso, selama 11 bulan Taman Indonesia Kaya akhirnya bisa selesai,” ujar Hendi.

Kendati demikian, dikatakan Hendi, rampungnya pembangunan Taman Indonesia Kaya ini hanyalah permulaan. Merawat, mengelola, dan mengoptimalkan keberadaanya adalah urusan lain lagi.

“Nanti yang paling kita tunggu, bagaimana Djarum Foundation bisa menghadirkan seniman nasional maupun internasional sebulan sekali. Dari situ, kita yang lokal bisa belajar bagaimana mereka menata lampu, panggung, dan sebagainya,” sambungnya.

Anda pasti tertarik. Yuk datang bersama orang orang tercinta dan nikmati keindahan dan kemegahannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here