Masjid Agung Jawa Tengah di Jalan Gajah Raya

 

infoterkiniku.com, BANYAK tempat wisata yang indah dan ramai di kunjunganorang di Kota Semarang dan sekitarnya. Berikut 4 tempat wisata yang sellau ramai dikunjungi wisatawan.

  1. Museum Ranggawarsita
Museum Ronggowarsito Kalibanteng

Jika kebetulan Anda mengunjungi Semarang dengan menggunakan kereta dan turun di Stasiu Poncol, tidak ada salahnya mengunjungi Museum Ranggawarsita.

Museum ini merupakan salah satu tempat wisata di Semarang dekat Stasiun Poncol. Yang akan memberikan pengalaman serta pengetahuan baru bagi Anda. Museum Ranggawarsita diresmikan pada 5 Juli 1989 dengan jumlah koleksi mencapai 59.784 macam.

Alamat Museum Ranggawarsita adalah Jalan Abdul Rahman Saleh No.1 Kalibanteng Kulon, Semarang, Jawa Tengah. Museum ini memamerkan berbagai warisan dan benda budaya Jawa Tengah yang diletakkan di empat bagian gedung. Masing-masing gedung menyimpan serta menceritakan sejarah yang berbeda-beda.

 

  1. . Air Terjun Kali Pancur

    Air terjun Kalipancur

Tempat wisata di Semarang dan sekitarnya yang kami rekomendasikan untuk Anda adalah Air Terjun Kali Pancur. Air Terjun ini berada di Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang.

Air terjun dengan ketinggian sekitar 100 meter ini tidak terlalu jauh dari Salatiga, hanya sekitar 14 kilometer saja. Air terjun ini terletak di punggung Gunung Telomoyo dan langsung menghadap ke obyek wisata Rawa Pening.

Terbayang bukan bagaimana indahnya pemandangan di Air Terjun Kali Pancur ini. Perjalanan menuju tempat wisata di Semarang dari tempat parkir memang agak jauh.

Akan tetapi karena jalanannya sudah bagus dan dipagari indahnya ciptaan Tuhan di sekelilingnya membuat rasa lelah pun terbayar. Bahkan relief bebatuan selama perjalanan sudah cukup menarik untuk dijadikan latar belakang jepretan Anda.

  1. Candi Gedong Songo
Candi Gedongsongo Bandungan Semarang

Candi Gedong Songo merupakan salah satu tempat wisata di Semarang atas yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga.

Candi yang ditemukan oleh Raffles pada tahun 1804 ini memiliki sembilan buah candi, mungin itu yang membentuk nama candi songo. Karena dalam bahasa Jawa sendiri songo memiliki arti sembilan.

Candi Gedong Songo ini merupakan peninggalan dari zaman Wangsa Syailendra yang berjaya pada abad ke-9, yaitu sekitar tahun 927 Masehi. Candi ini terletak di ketinggian sekitar 1.200 mdpl dengan kesembilan bangunannya tersebar di lereng Gunung Ungaran.

Karena lokasinya yang berada di ketinggian, saat tiba di candi ini Anda akan melihat pemandangan yang sangat indah. Dan di sekitar Candi Gedong Songo Anda bisa melakukan banyak kegiatan, seperti mandi air panas yang mengandung balerang atau berkuda

 

  1. Tugu Muda
Tugu Muda Senarang

Kecamatan Semarang Selatan merupakan salah satu lokasi di Semarang yang memiliki banyak tempat menarik. Salah satu tempat wisata di Semarang Selatan adalah Tugu Muda yang sangat populer karena mengandung unsur sejarah.

Tugu yang berbentuk seperti lilin ini mengandung makna semangat juang para pahlawan yang tidak pernah padam untuk mempertahankan kemerdekaan RI.

Tugu ini dibangun sebagai bentuk penghormatan terhadap pahlawan yang gugur dalam pertempuran lima hari yang terjadi di Semarang.

Tugu Muda mulai dibangun pada tanggal 10 November 1951 dan selesai pada 20 mei 1953. Merupakan hasil rancangan Salim Hendro.

Di sekitar Tugu Muda dibangun taman dengan berbagai ornamen seperti air mancur, lampu-lampu, pohon cemara, serta duplikasi senjata bambu runcing. Sehingga Tugu Muda pun selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin menikmati keindahan taman sekaligus mengenang sejarah para pahlawan.

  1. Masjid Agung Jawa Tengah
Masjid Agung Jawa Tengah di Jalan Gajah Raya

Salah Wisata religi di Semarang, yaitu Masjid Agung Jawa Tengah di Jalan Gajah Raya Gayamsari Semarang. Masjid ini mulai dibangun  tahun 2002 dan diresmikan pada tahun 2006 oleh Presiden Susilo Bambang yudhoyono.

Masjid ini selalu ramai oleh pengunjung yang hendak beribadah. Masjid yang sangat megah tersebut merupakan hasil rancangan Ir. H. Ahmad Fanani.

Masjid ini memiliki menara yang sangat tinggi, yaitu Menara Al Husna, tingginya mencapai 99 meter. Di dalam Menara itu, ada perpustakaan dan sekaligus museum. Pengunjung juga bisa naik sampai pucuk menara dan bisa menyaksikan panorama kota Semarang.

(dari berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here